Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selain Menghilangkan Kutu, Kenali Bahaya Memandikan Kucing dengan Sunlight

Dok Pixabay

 Suatu ketika saya mendapat pertanyaan tentang cara yang efektif membersihkan kutu dan jamur untuk kucing yang baru di adopsi. Menurutnya, keterbatasan keuangan ditambah kesulitan membeli obat kutu di Pet Shops alasan mengapa memilih cara menghilangkan kutu dan jamur dengan Sunlight.

Apa yang perlu diketahui cat lovers dengan saran yang sudah diberikan teman atau forum group dunia hewan prihal mengobati kutu atau jamur pada kucing?

Mengenali produk Sunlight


Tahukah cat lovers bahwasanya produk Sunlight diformulasi sebagai sarana pembersih untuk peralatan rumah tangga. Sunlight yang mulanya dirancang sebagai pembersih peralatan rumah tangga seperti sendok, piring, garpu dan lain-lainnya telah dikenal berupa sabun cair.

Jadi saran yang diterima Anda cara membersihkan kutu atau jamur pada tubuh kucing sangat tidak tepat digunakan untuk hewan.

Selain menghilangkan kutu, Anda perlu tahu efek samping menggunakan Sunlight pada kucing


Sebagian masyarakat memiliki anggapan memandikan kucing dengan Sunlight sangat efektif menghilangkan kutu-kutu di badan mereka. Beberapa dari mereka yang melakukan pengobatan bahkan menyebutkan bisa juga untuk menghilangkan jamur.

Dirangkum dari beberapa sumber tentang memandikan kucing dengan Sunlight dalam forum dunia hewan, pro kontra menggunakan sabun pembersih alat rumah tangga patut kita perhatikan untuk kesehatan hewan peliharaan tersebut.

Netizen yang pernah memandikan kucing dengan Sunlight mengungkap membersihkan kutu dengan sabun pembersih seperti Sunlight benar bisa mengobati dan menghilangkan kutu yang ada pada badan peliharaan.

Salah satu netizen lainnya yang pernah mencoba cara menghilangkan kutu dengan Sunlight mengakui semua kutu akan terlihat dengan jelas pada anabul miliknya.

Saran tambahan jika Anda terpaksa dengan alasan tertentu ingin membersihkan kutu anabul menggunakan Sunlight, sebaiknya di bilas kembali menggunakan sampo untuk kucing.

Bahaya yang timbul pada kucing saat dimandikan dengan Sunlight


Dilansir dari situs membahas sabun pembersih seperti yang terdapat pada Sunlight. Kandungan kimia yang ada dalam sabun biasanya memiliki kadar garam dari asam lemak yang terbentuk dari molekul dan zat tertentu.

Misalnya jika kita melihat kandungan sabun yang memiliki lithium (Li) berfungsi untuk membentuk gemuk dan terkadang digunakan untuk pelumasan mekanis. Sementara jenis sabun pembersih yang mengandung natrium (Na) atau Kalium (K) rata-rata diklasifikasikan sebagai sabun untuk mandi, mencuci tangan dan kebutuhan lain bagi manusia.

Fungsi sabun pembersih lain yang perlu Anda ketahui adalah sabun khusus toilet yang mengindikasikan pemakaiannya untuk melarutkan partikel kotoran. Formulasi sabun toilet diciptakan agar tidak larut dalam air  sehingga lebih mudah dibersihkan.

Penyebab sabun atau pembersih perlu sesuai penggunaannya


Masing-masing sabun dan cairan pembersih yang dibuat secara khusus sesuai tingkat keamanan yang di tetapkan lembaga kesehatan. Sabun dimungkinkan menggunakan bahan lemak hewani atau lemak nabati. 

Dengan proses modern seperti saponifikasi menggunakan zat tambahan lain yang dikenal alkali. Alkali dikenal sebagai basa kuat yang berwujud natrium hidrosida.

Sementara sabun atau cairan pencuci piring, sabun pencuci alat rumah tangga, deterjen piring atau sebutan lain yang populer kandungan didalamnya memiliki campuran surfaktan.

Fungsi surfaktan untuk membuat busa dengan tingkat iritasi kulit normal yang rendah dan biasanya untuk tangan manusia selama mencuci gelas, piring, peralatan memasak dan alat rumah tangga lain.

Pada penerapan secara informal sabun pembersih piring sering juga digunakan untuk mengusir semut, mengatasi gulma, mencuci rambut manusia, deteksi kebocoran ban, mencegah kutu daun, mengobati burung terkena tumpahan minyak dan beberapa pemakaian informal lain.

Bahaya yang mungkin bisa timbul pada hewan seperti kucing jika terlalu sering dimandikan dengan Sunlight sebagai sabun pembersih piring, timbulnya iritasi kulit hingga menyebab bulu mereka menjadi rontok.

Demikian tulisan tentang Selain Menghilangkan Kutu, Kenali Efek Samping Memandikan Kucing dengan Sunlight. Semoga bisa memberikan manfaat sebagai pertimbangan sebelum menghilangkan kutu dan jamur dengan bahan yang tidak sesuai. Untuk mendapat manfaat yang lebih besar efek samping dari bahaya yang bisa timbul. Konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

Post a Comment for "Selain Menghilangkan Kutu, Kenali Bahaya Memandikan Kucing dengan Sunlight "